TANAH AIR INDONESIA as Indonesian Blogger - http://indonesia.go.id
SELAMAT DATANG DI BLOG FORUM KOMUNITAS TEATER SRENGENGE - SMK NEGERI 1 PASURUAN

Rabu, 01 Desember 2010

Wayang Digunakan Para Wali Sanga Sebagai Media Da’wah

Solo – Wayang mulai berkembang semenjak pada jaman kerajaan Demak digunakan sebagai media Da’wah Islam oleh para Wali Sanga. Hal tersebut diungkapkan Dr. Suyanto, S.Kar, MA salah seorang pembicara dalam Diskusi Wayang, Islam dan Jawa di Balai Soedjatmoko, Sabtu, (27/11).

Menurutnya wayang yang merupakan bagian dari kebudayaan Jawa sudah barang tentu selalu dekat dengan masyarakat Jawa. Lewat media inilah para Wali Sanga kala itu cukup mudah menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada masyarakat Jawa. “Wayang memiliki aspek pendekatan yang luar biasa, baik deri segi psykologi, sejarah, pedagogi, politik, bahkan ekonomi. Dengan menggunakan wayang sebagai media, maka Da’wah Islam dapat dilakukan dengan mudah. Ini kemudian menjadikan cerita wayang semakin berkembang,” paparnya.

Sebenarnya tidak banyak data yang bisa mengungkapkan secara jelas bagaimana wayang diciptakan oleh para wali dan terkandung pendidikan Islam. Namun yang terjadi proses akulturasi terus terjadi antara Islam itu sendiri dengan kebudayaan wayang yang sudah berkembang di masyarakat Jawa, lanjutnya.

Namun Suyanto menekankan bahwa wayang adalah sebuah media dimana didalamnya terdapat pesan-pesan budaya Jawa serta nilai-nilai filsafati sebagai pandangan hidup, moral kepemimpinan, pendidikan dan religi.

Sementara itu dalam makalahnya Abdullah Faishol dosen STAIN Surakarta yang juga menjadi pembicaramenyebutkan, Islam adalah agama yang memiliki nilai-nilai Universal dengan pandangan hidup mengenai persamaan, keadilan, takaful, kebebasan dan kehormatan serta memiliki konsep teosentrisme yang humanistik sebagai nilai inti dari seluruh ajaran Islam.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

  • Jelajah Indonesia
  •