TANAH AIR INDONESIA as Indonesian Blogger - http://indonesia.go.id
SELAMAT DATANG DI BLOG FORUM KOMUNITAS TEATER SRENGENGE - SMK NEGERI 1 PASURUAN

Sabtu, 04 Desember 2010

Teater Boneka Tanpa Kata-Kata


Maria Tris Sulistyani dan Iwan Effendi mengajak kita ke dunia antah berantah lewat boneka yang penuh imajinatif. Memberikan warna lain dalam peringatan Hari Difabel Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2010.

Pertunjukkan boneka ini berjudul “MWATHIRIKA”. Dalam bahasa Swahili—nama suku di Afrika Timur—berarti KORBAN. Digelar pada 1-3 Desember 2010 di Auditorium Lembaga Indonesia Prancis (LIP), Jl. Sagan No.3 Yogyakarta.

MWATHIRIKA adalah pertunjukan visual tanpa kata yang mengandalkan gerak tubuh boneka dengan tehnik Bunraku dan Kuruma Ningyo.

Menurut Maria, dalam tehnik ini boneka dimainkan oleh lebih dari 1 orang. Bunraku dalam MWATHIRIKA pula dibuat seukuran dengan manusia. Sementara setting panggung berupa kota imajinatif dengan bangunan surealis.

Maria bekerja sama dengan Iwan Effendi, seorang perupa dengan karya yang ilustratif mengeksplorasi teater bayangan, tata lampu dan tampilan visual gerak boneka. Pertunjukkan teater boneka ini akan diiringi oleh banyak bunyi dan musik.

Maria sendiri merupakan sutradara, penulis illustrator buku cerita anak-anak yang meraih penghargaan Empowering Women Artists 2010-2011 oleh Kelola. Ia mendirikan Papermoon Puppet Theatre.

Pertunjukkan teater boneka “Mwathirika” ini juga dipersembahkan kepada para penyandang tuna rungu.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

  • Jelajah Indonesia
  •